Pesona Istana Maimun Tak Izinkan Anda Melamun Sedikitpun

Istana maimun adalah salah satu obyek wisata kota Medan yang ditawarkan pada pengunjung yang datang berkunjung ke Sumatra utara. Yang namanya istana adalah tempat tinggal raja dan istana yang berada di kota Medan ini adalah bekas tempat tinggal kesultanan Deli. Namun, karena zaman kerajaan sudah berlalu, akhirnya tempat tinggal sultan yang megah ini disulap oleh masyarakat sebagai obyek wisata. Bagi anda yang penasaran seperti apa bangunan peninggalan kesultanan Deli ini, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sejarah Istana Maimun

Istana MaimunIstana maimun didirikan oleh Sultan Makmun Perkasa Alamsyah pada tahun 1888 dan istana selesai dibangun pada tahun 1891 sehingga membutuhkan waktu 3 tahun untuk menghasilkan bangunan indah yang tak lekang oleh zaman ini. Jika anda belum tahu siapa sultan tersebut, beliau adalah Sultan Deli IX yang merupakan putra Sulung dari pendiri Kota Medan, yaitu Sultan Mahmud Perkasa Alam. Konon katanya, ia memimpin kesultanan Deli dari tahun 1873 M sampai 1924 M sampai akhirnya kesultanan tersebut runtuh dan meninggalkan bangunan yang megah yang bisa anda lihat sampai sekarang.

Istana yang didirikan oleh Sultan Mahmud ini berlokasi di pusat kota Medan, tepatnya di Jalan Brigjen Katamso, Medan, Sumatra Utara. Istana di kota Medan ini dibangun sangat megah dan pastilah siap membuat semua mata terperangah. Istana yang didesain dengan gaya Melayu ini tak kalah indah dengan Taj Mahal yang ada di India. Bangunan ini didominasi oleh warna kuning yang bisa memberikan kesan megah dan warna kuning jugalah yang menjadi symbol bahwa Istana Deli sebenarnya adalah kerajaan Melayu karena warna kuning adalah warna khas bangunan Melayu.

Bangunan melayu yang megah ini tentunya dirancang oleh arsitek ternama. Arsitek yang dipilih oleh Sultan Deli IX tersebut berasal dari Negara penjajah, yaitu belanda. Arsitek handal tersebut bernama TH Van Erp. Arsitek dari Belanda tersebut menggabung gaya bangunan islam dari berbagai Negara, seperti Italia, Spanyol, dan India. Ia juga mendesain istana dengan 30 kamar yang semua didesain dengan apik dan sempurna. Jadi, andapun tak usah heran jika istana seluas 2772 meter persegi ini terlihat sangat mewah dan bisa berdiri kokoh sampai sekarang

Pesona Istana Maimun di Zaman Modern

Walaupun Kerajaan Deli tak lagi Berjaya, tetapi istana ini selain menjadi obyek wisata Kota Medan, bangunan mewah ini juga masih digunakan untuk kumpul ahli waris kesultanan Deli, setidaknya setiap satu tahun sekali. Biasanya, pada acara tersebut, berbagai tarian dan musikpun disuguhkan kepada masyarakat. Jika anda berkunjung ke Istana peninggalan kota Medan ini, anda pasti akan melihat bangunan yang megah dengan segala isinya masih tertata rapi di dalamnya, termasuk foto keluarga Sultan Deli pertama sampai terakhir. Andapun bisa belajar sejarah Kesultanan Deli lewat peninggalan dalam Istana tersebut. Semoga informasi tentang istana maimun di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Sumber Informasi : http://www.objektempatwisata.com/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *