Rabun Jauh atau Mata Minus – Penyebab serta Penyembuhannya

Mata minus (rabun jauh) yaitu kelainan mata di mana orang itu tak bisa lihat benda yang letaknya jauh. Mata minus, atau mata dekat, atau miopia adalah kekeliruan refraksi pada mata yang makin hari saat ini makin bertambah prevalensinya. Di Amerika Serikat, riset oleh National Eye Institute (NEI) tunjukkan prevalensi miopi bertambah sejumlah 25% pada populasi masyarakat berumur 12-54 th.

Karna penyebabnya tentunya masih tetap belum juga di ketahui, banyak dokter mata terasa kalau rutinitas bekerja dimuka computer, serta lihat dekat dalam periode waktu yang lama seperti bermain game atau bermain hp, bisa mengakibatkan miopia. Ada teori beda yang menyebutkan kalau bersamaan menambahnya panjang tubuh seorang, jadi ukuran rongga bola mata juga memanjang, lantas bola mata juga beradaptasi untuk memanjang, hingga konsentrasi sinar berlangsung dimuka retina, bukanlah dipermukaan retina.

kacamata minus
Bila seorang menanggung derita miopia, jadi juga akan susah membaca huruf yang jauh, seumpama kesusahan membaca nama jalan bila diliat dari dalam mobil, atau kesusahan lihat objek yang jauh dengan terang. Diluar itu terasa cepat capek saat menyetir atau olahraga dapat juga jadi tkamu dari mata minus yg tak diobati. Tkamu beda yaitu rutinitas menyipitkan mata untuk lihat object jauh supaya terlihat lebih terang.

Bila telah menggunakan kacamata minus tetapi masih tetap rasakan beberapa gejala itu, jadi baiknya kamu memperiksakan-diri ke dokter untuk memiliki resep kacamata yang pas.

Sistem miopia

Miopia berlangsung saat bola mata sangat panjang hingga terjadi mekanisme yang sudah dijelaskan diatas, atau karna korna serta/atau lensa sangat cembung, atau karna gabungan dari beberapa sistem itu. Miopia umumnya diawali dari umur muda, serta seorang mempunyai resiko lebih tinggi bila orang-tua juga mempunyai kisah miopia. Pada orang-tua, terkadang miopia berlangsung jadi sistem dari penuaan.

Therapy miopia

Rabun jauh bisa dikoreksi dengan kacamata, lensa kontak atau bedah refraktif. Bergantung pada derajat miopia, ada yang mungkin saja butuh menggunakan cuma kacamata atau lensa kontak selama saat atau kacamata cuma digunakan saat memerlukan pengelihatan yang begitu terang, seperti saat mengemudi, lihat papan catat atau melihat film.

Bila kamu rabun jauh, nomor pertama pada resep kacamata atau resep lensa kontak juga akan dengan diawali sinyal minus (-). Makin tinggi angkanya, makin kronis rabun jauh.

Bedah refraktif bisa kurangi atau bahkan juga menyingkirkan keperluan kacamata atau lensa kontak. Prosedur yang paling umum dikerjakan dengan laser.

Laser menyingkirkan susunan jaringan kornea, yang meratakan kornea serta sangat mungkin cahaya sinar untuk konsentrasi lebih akurat pada retina.

LASIK – yang seringkali untuk prosedur refraktir yaitu dengan buat flap tak tebal pada permukaan kornea, lalu laser menyingkirkan sebagian jaringan kornea, serta flap dikembalikan ke tempat awal mulanya.

Lantas ada Orthokeratology, prosedur non-bedah dimana digunakannya satu lensa kontak dari gas kaku permeabel spesial (RGP atau GP) pada malam hari untuk membuat kembali kornea waktu kamu tidur. Saat lensa kontak dilepaskan pada pagi hari, kornea sesaat menjaga bentuk baru, hingga kamu bisa lihat dengan terang sepanjang hari tanpa ada kacamata atau lensa kontak.

Orthokeratology dikombinasi dengan prosedur lensa kontak GP dimaksud therapy refraksi kornea (CRT) sudah dapat dibuktikan efisien dalam mengoreksi miopia enteng (minus 0, 25-2) hingga tengah (minus 2-4) dengan sesaat.

Lensa implan di kenal jadi IOLs phakic yaitu alternatif lain bedah untuk mengoreksi rabun jauh, terlebih untuk individu dengan jumlah miopia berat (diatas minus 6) atau kornea yang lebih tak tebal dari normal yang bisa tingkatkan resiko komplikasi dari LASIK atau prosedur koreksi pkamungan laser yang lain.

IOLs phakic bekerja seperti lensa kontak, tetapi karna lensa implan ini diletakkan dalam mata lewat pembedahan, jadi umumnya berbentuk permanen, yang bermakna tak ada pemeliharaan yang dibutuhkan. tak seperti implan lensa yang dipakai dalam operasi katarak, IOLs phakic pada operasi miopi tak menukar lensa alami mata. Lensa alami mata masih tetap ada intak didalam mata.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *