Semakin Sehat dan Bugar Konsumsi Kedelai

Semakin berenergi dengan konsumsi kedelai secara rutin – Lesitin yang antara lain terkandung dalam sari kedelai sudah dijadikan obat oral sejak 50 tahun yang lalu. Fungsinya sebagai penggempur lemak dan bikin awet muda. Kini sudah ada yang berbentuk cairan infus. Kabarnya, lebih cepat dan mujarab mengatasi penyakit jantung koroner.

Lesitin (lecithin) adalah senyawa phosphatidyl choline (PC) yang terdapat dalam sari kedelai. Senyawa PC umumnya ditemukan dalam selaput sel tumbuhan dan hewan, termasuk dalam jaringan urat saraf dan otak kita. Choline bagian terbesar dari PC ditemukan dalam hati, oatmeal, kubis, dan kembang kol.

Baca Juga : Cara Membentuk Bentuk Otot Perut

Istomewanya lesitin karena sifatnya yang lipotropik, yaitu mendorong pengangkutan asam lemak dari hati ke jaringan-jaringan tubuh atau meningkatkan pembakaran lemak dalam di hati. Dengan begitu ia mencegah timbulnya lemak secara berlebihan. Kemampuan inilah yang kemudian membawa lesitin menjadi bahan terapi. Selain itu minum sari kedelai saat melakukan latihan push up juga akan menambah energimu semakin tinggi

Di dalam tubuh, senyawa yang terkandung dalam sari kedelai itu bekerja mengikis timbunan lemak (plak) pada dinding pembuluh nadi yang kemudian larut dalam darah. Iapun menurunkan kadar kolesterol. Lesitin juga mampu meningkatkan pembentukan acethylcholine, zat untuk kepentingan neurotransmitter pada otak, sehingga dalam hal tertentu lesitin bisa membantu anak meningkatkan kemampuan belajar.

Dengan berbagai keistimewaannya itu lesitin bisa mencegah terjadinya PJK, stroke, dan dementia (penurunan daya ingat karena terhambatnya pasokan oksigen ke otak akibat pembuluh darah tersumbat) pada penderita dengan lemak darah tinggi dan penderita diabetes mellitus.

Tak kurang istimewa, lesitin sering dipuji-puji sebagai “obat” awet muda. Mengapa?

Pada orang yang hatinya banyak mengandung lemak, biasanya pertukaran zat dalam tubuh tak beres. Itu karena hati yang mestinya memecah lemak dan menetralkan racun tak bertugas sebgaimana mestinya. Tubuh menjadi payah dan wajah tampak tua. Dengan adanya lesitin, kelebihan lemak pada hati bisa dikurangi, kerjanya pun normal kembali. Maka tubuh kembali segar, sehingga ditafsirkan orang sebagai awet muda. Lesitin dapat meregenerasi sel agar badan menjadi bugar dengan senam aerobik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *